Custom Search

Jarang Sarapan, Perut Terasa Kembung dan Sesak

Pertanyaan :
Selamat pagi dok. Saya memiliki keluhan di perut yang terasa seperti kembung dengan kondisi sesak. Selama ini saya memang tidak pernah sarapan sebelum berkegiatan di pagi hari? Apakah makan tidak teratur atau terlambat makan dapat menyebabkan kondisi kembung ya dok? Selain itu kondisi pinggang sebelah kiri saya terasa nyeri dan tidak enak dipergunakan untuk duduk karena seolah terdapat ganjalan. Mohon penjelasan ya dok, terima kasih
Ochi-26 tahun Kuningan

Jawaban :
Buat Mbak Ochi yang baik, gejala perut kembung mengindikasikan terdapat banyaknya kandungan udara dalam saluran cerna. Berbagai hal menjadi penyebab kemungkinan tersebut, seperti misalnya merokok, makan makananan yang menghasilkan gas (nangka, kacang-kacangan, sayuran tertentu, durian, soda dan lainnya) atau gerakan usus/lambung yang lambat.

Makan tidak teratur bisa menyebabkan kembung. Makan pagi merupakan hal yang penting, kembung bila disertai rasa asam/ panas yang merambat kebelakang dada (regurgitasi), mungkin anda menderita penyakit refluxs/ isi lambung ke kerongkongan (Gerd). Bila kembung disertai pedih ulu hati, ini yang disebut Dispepsia (istilah awamnya maag).

Metode yang sederhana dalam membantu meringankan gejala kembung antara lain adalah melakukan perubahan pola konsumsi dengan menghindari makanan berlemak maupun bersoda. Selain itu dapat pula minum teh hangat untuk menetralisir gas di lambung. Atau bisa memberikan obat gosok semacam minyak angin diperut untuk meredakan gejala kembung tersebut.

Sedangkan untuk keluhan pinggang yang Mbak Ochi alami merupakan hal yang terpisah dengan kondisi lambung dan perut kembung agaknya. Hal tersebut bisa disebabkan oleh karena terdapat masalah pada tulang belakang dan otot-otot pinggang, maupun problem yang terkait dengan saluran kemih (ginjal dsb).

Oleh karena itu, saran terbaik yang dapat diberikan atas kondisi yang dialami oleh Mbak Ochi adalah: *makan tepat waktu/ teratur/ tak berlebihan (3x makan utama + 3x makan kecil/ snack) untuk mengurangi dampak kembung.Sedangkan untuk keluhan dipinggang tentu lebih baik dilakukan pemeriksaan penunjang / laboratorium lebih lanjut untuk mengetahui sebab pastinya serta konsultasikan ke dokter Anda.

Semoga lekas sembuh dari kembung dan sakit pinggangnya ya. Salam. (US)

Dr. Untung Sudomo, SpPD



No comments:

Post a Comment