Custom Search

Kambing Lahir Tanpa Muka dan Mata

Kejadian aneh menggemparkan warga Kampung Brengosan, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, baru-baru ini. Seekor kambing melahirkan dua ekor bayi kambing tanpa muka dan tanpa mata.

Kambing tersebut milik Putri. Sekilas fisik kedua bayi kambing itu sempurna lengkap. Namun jika diperhatikan, kedua bayi kambing ternyata tak mempunyai muka dan kedua kelopak mata, meski terdapat lobang menyerupai mata. Hanya mulut dengan juluran lidah yang terlihat jelas.

Kedua bayi kambing merupakan kelahiran ketiga dari induk yang sama. Namun saat melahirkan empat kambing sebelumnya, tak pernah terjadi kelainan apa pun.

Putri awalnya tak menyangka kalau kambingnya memiliki keanehan. Dia mengira waktu dilahirkan kambing itu diinjak oleh induknya sehingga rusak. Namun setelah diamati memang kedua kambing itu tidak memiliki muka dan mata.

Menurut dokter hewan Fenty Astuti, dari sisi medis, ada beberapa faktor penyebab terjadinya keanehan dalam kelahiran kambing. Dapat dimungkinkan keanehan terjadi akibat faktor genetik adanya hubungan darah dengan pejantan. Bisa juga faktor lahir prematur sehingga mempengaruhi kesempurnaan bentuk hewan tersebut.

Hingga saat ini kedua bayi kambing tersebut belum dapat menyusu pada induknya. Putri terpaksa memberikan susu yang disuapkan dengan menggunakan suntikan. Dia hanya berharap kedua kambingnya bisa hidup dan besar seperti kambing lainnya.





No comments:

Post a Comment